Sunday, November 7, 2010

Traditional Bangket Cookies, Coconut Milk Bangket

Demi meramaikan NCC Bangket Week yang diadakan bulan ini, maka saya membuat resep Bangket yang biasa dibuat oleh mama. Jadi, bila menang..... kemenangan didedikasikan untuk my great mother : )

Resep Coconut Milk Bangket :
1 kg tepung sagu tani, disangrai dengan daun pandan
250 ml santan kental dari 2 butir kelapa
400 gram gula halus
4 butir kuning telur
4 sdm mentega
4 sdm tepung maizena
1 sdt vanili

Cara :
Semua bahan dicampur jadi satu lalu diuleni hingga kalis lalu dicetak sesuai dengan selera.
Dipanggang sampai kering dan bagian bawahnya agak kecoklatan (+ 15 -20 menit)
Dalam resep ini saya menggunakan cetakan tradisional. Beberapa orang mungkin sudah pernah melihat cetakan ini sebelumnya. Menggunakan cetakan ini cukup sulit dikeluarkan adonannya apabila adonan belum kalis benar.
Dimana membeli cetakan ini ? Tentunya di pasar tradisional. Menemukan cetakan ini tentu tidak mudah karena harus rajin-rajin mutar-mutar di pasar baru ketemu :P Kebetulan saya membeli di pasar Kopro. Toko Bahan Kue dimana saya biasa membeli bahan kue ada menjualnya, jadi langsung saya beli soalnya agak jarang menemukan cetakan seperti ini :)

Demikian sharingnya.

Untuk penampakan silahkan lihat berikut ini :




Berikut penampakan di toples. Untuk hasil jadi, mohon maaf ya karena setelah dipanggang, sudah diserbu oleh anak-anak. jadi hasil pastinya belum ketahuan : ) Yang pasti rasanya enak banget. Lumer di mulut..... nyam nyam nyam..... Yuk cobain.