Wednesday, November 3, 2010

SHOE CAKE


Ini adalah kue yang dibuat untuk kado ke sahabat waktu di SD. Setelah bertahun-tahun tidak berjumpa karena berbeda negara, akhirnya kami bertemu kembali. Kebetulan memang sudah lama pengen banget bikin kue yang ada di contohnya buku Ibu Ani. Bukunya yang berjudul "Cake 3 Dimensi", bener-bener recommended banget.
Base cakenya dibuat dari brownies coklat lalu dipotong dan dioles buttercream. Ide awal, tadinya mau dibuat untuk shoe box, apa boleh buat hasil akhir seperti penampakan dibawah. Untuk, sepatunya seharusnya dibuat 1 minggu sebelumnya berdasarkan saran dari Evy, pemilik web cooking in meulbourne ( yang ini juga very recommended blog ^_^).
Akhirnya sepatu dibuat dari fondant dengan bantuan CMC supaya sepatu bisa set keesokan harinya dan diangin-anginkan di ruangan ber AC. Untuk pemanis dibuat minicupcake. Aku suka designnya. Warnanya cerah dan manis. Selama proses pembuatan ,yang memakan waktu paling banyak adalah membuat sepatu. Maklum pemula banget. Dari bikin pola sepatu sampai membuatnya dari fondant. beberapa kali bongkar pasang dan sempat setelah set...... si bungsu mengeplak sepatunya akibatnya hancur total.... mau ngak mau harus membuat ulang... Sungguh perjuangan karena anak-anak masih jadi kurcolnya :p
Berikut step-step yang ada di buku :

Salah satu kupasan dalam bukunya Ibu Ani, bagaimana membuat sepatu dari polanya. Bukunya sungguh baik karena memberikan foto cara pembuatannya secara jelas. Bahkan untuk pemula seperti saya pun dapat langsung mencontohnya. Sedikit kesulitan saja adalah ketika harus mencari pola sepatunya. Dari Evy memberi saran untuk memakai pola sepatu kita. Cuma karena saya mau membuat mini cake, jadi saya search di google pola sepatunya

Hasil jadi sepatu dari contoh dibuku "Cake 3 Dimensi" Cukup sulit adalah ketika harus membuat sepatunya berdiri. Tissue yang ada dipenampakan adalah untuk menyanggah supaya tidak meleyot. Tissue disanggah dibagian hak dan dibagian depan.
Hasil akhir dari penampakan Shoe Cake sebelum diberi nama si ultah :)